Kamis, 13 September 2012

Eco-Japaneseme

selama saya mengenal Jepang sejak umur 4 tahun. saya sangat tertarik dengan negara itu. Jepang itu sangat seimbang. Jepang itu berhati pedang tetapi selembut bunga sakura (baik pria maupun wanitanya). Jiwa petarung dari seorang laki-laki berbaur dengan kelembutan hati seorang wanita pecinta alam. 

itulah Jepang. Jepang memang pernah kebablasan dalam menyenangi pertarungan saat perang dunia kedua. namun karena melihat "Neraka" bom hiroshima dan nagasaki. Jepang semakin terasah hati nurani kasih sayangnya. bahwa...tanpa adanya hati nurani kasih sayang. dunia ini akan hancur seperti Hiroshima dan Nagasaki. oleh karena itu...semangat bertarungnya digunakan untuk melindungi sesuatu.

banyak kisah-kisah di dalam film-film Jepang yang menjelaskan pemahaman sifat-sifat orang Jepang itu. dan negeri mereka memang sangat terkelola sumber daya alamnya. literatur untuk bisa menjelaskan pemahaman Eco-Japaneseme hanya bisa dijelaskan melalui film-film jepang dan buku2 filosofi Jepang. dengan semangat juang tinggi untuk bertempur bukan untuk kehebatan dan menindas yang lemah. tetapi lebih kepada tujuan untuk melindungi hal yang disayangi. 

sebut saja Rurouni Kenshin. melindungi negeri Jepang dengan gagah berani untuk orang-orang yang dikasihinya. biasanya orang jepang suka latihan berpedang dan setelah itu langsung ber-ikebana-an (seni merangkai bunga). sebagai kebiasaan jepang. sifat lelaki yang senang bertempur harus diseimbangkan dengan kecintaan kepada hal-hal yang indah.

oleh karena itu, terkadang ada aja orang jepang cowok tetapi seperti perumpuan atau sebaliknya perumpuan seperti laki-laki. orang Jepang memang aneh. tetapi itulah mereka. negara yang sangat seimbang. sehingga kehidupan mereka berkelanjutan walau negaranya sering gempa, tanah pertaniannya hanya 5%, negara 4 musim (matahari tidak selalu ada). kebijakan lingkungan mereka pun setara dengan kebijakan ekonomi dan lainnya. 

tidak seperti di Indonesia. yang sinar matahari melimpah, tanah pertaniannya sangat luas. tetapi diperkosa alamnya. mari sebarkan Eco-Japaneseme di Indonesia. untuk penyelamatan alam Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar